Mau Sukses Bisnis Online? Gunakan Strategi Email Marketing

Salah satu teknik marketing online yang kita bahas kali ini adalah Strategi Email Marketing. Teknik jaman dahulu yang sampai sekarang ternyata masih sangat efektif, bahkan lebih efektif dari sosial media faebook, youtube dll. Itulah alasan marketplace – marketplace besar di Indonesia juga menggunakan teknik email markerting dalam pemasarannya.

Jadi sebenarnya, apa sih email marketing itu? Pengertian Email Marketing adalah teknik marketing atau pemasaran yang digunakan para pebisnis online dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan. Email bisa berisi promosi, informasi baru, informasi diskon/ potongan harga ataupun konten lainnya yang berhubungan dengan jasa/produk yang dijual.

“Singkatnya: Email marketing adalah teknik marketing atau pemasaran yang digunakan para pebisnis online dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan”

Baca juga: Cara Cepat Dapat Pasif Income Ratusan juta dengan Email Marketing

Di bawah ini ada 2 hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan email marketing:

1. Membangun List

Tentu saja agar email marketing bisa berjalan, pebisnis online harus membangun list database email pelanggan potensial. Kalau tidak ada list emailnya, mau kirim email ke siapa? ^_^

Membangun list email ini adalah salah satu tahap paling penting dalam email marketing. Kalau listnya berisi orang-orang yang tidak tertarget alias bukan pelanggan potensial, email marketing tidak akan bisa menghasilkan jualan yang optimal. Karena itu dalam membangun list email marketing, Anda harus benar-benar memastikan bahwa list Anda memang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Biasanya pebisnis online membuat sebuah form yang bisa diisi pengunjung web untuk masuk ke dalam list email (atau biasa disebut subscribe email).

2. Konten Email

Setelah berhasil membangun list email, hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah konten dari email yang akan dikirimkan kepada list tadi. Konten email marketing sebenarnya merupakan email biasa, bisa berupa text, gambar, link, layaknya email biasa.

Tentukan tujuan Anda, kenapa ingin mengirim email kepada list Anda. Apakah untuk promosi? Apakah untuk informasi produk baru? Setelah menentukan tujuannya, buatlah konten yang menarik, bisa dengan gambar yang menarik, ataupun konten copywriting yang bikin orang penasaran agar penerima email mau membuka email yang Anda kirimkan. Dan jangan lupa sertakan Call to Action, seperti tombol “Beli Sekarang” atau kunjungi website sekarang.

2 hal di atas harus Anda perhatikan ketika menggunakan email marketing. Kalau tidak, email Anda bisa masuk ke spam dan tidak akan dibuka si penerima email. Kalau konten Anda tidak menarik, orang tidak akan mau klik tombol Call to Action yang Anda sertakan.

Penyedia Email Marketing

Untuk menggunakan email marketing, Anda tidak perlu repot-repot membuat softwarenya sendiri. Sudah ada penyedia layanan email marketing yang bisa Anda pakai. Di luar negeri ada GetResponse, Mailchimp, kalau yang lokal ada kirim.email, VIO Sender, Indoresponder.

Menurut saya, sebaiknya kita pake autoresponder yang lokal saja karena selain lebih murah dan lebih mudah pengelolaannya. Yang saya gunakan selama ini dari Indoresponder dan hasilnya sangat bagus.

Ayo. Saatnya membangun bisnis online yang profitable dengan mengumpulkan list data emailnya.

Semoga bermanfaat

 

 

Join

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Cara Mengirim Email Marketing Kepada Orang yang tepat - KanalBisnisOnline.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*