Cara Jualan Zaman Now, Lakukan Promosi lewat Online!

Salah satu indikator sebuah bisnis sukses adalah yang mampu mempertahankan angka penjualannya yang tinggi. Untuk mempertahankan hal tersebut, diperlukan sebuah strategi promosi yang dilakukan untuk menarik pelanggan agar mau membeli produknya. Saatnya Anda mengikuti cara jualan zaman now, promosi lewat online!

Promosi biasanya berlangsung selama jangka waktu tertentu dan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti meningkatkan pangsa pasar atau meluncurkan produk baru. Sejumlah teknik promosi biasanya digunakan oleh produsen dan penjual produk.

Dilansir dari halaman Huffpost berikut beberapa tips promosi yang baik dan biasa digunakan untuk meningkatkan penjualan :

1. Jenis Promosi Penjualan

Sebelum menggunakan promosi, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dan bentuk promosi dalam penjualan. Seperti dengan memberikan diskon harga kepada konsumen.

Baca Juga: TIPS LARIS : Berikan Harga Spesial Jadi Strategi Promosi Pemasaran

Diskon harga merupakan cara paling ampuh untuk menarik pembeli. Karena siapa pun pasti akan tergiur dengan adanya diskon ini karena berpikiran harga yang dijual merupakan potongan dari harga aslinya.

Selain memberikan diskon harga, ada juga strategi promosi lainnya dengan memberikan kupon atau voucher kepada pembeli dengan syarat waktu dan ketentuan yang telah ditetapkan. Promosi lainnya juga anda bisa menggunakan asuransi kepada barang yang anda jual seperti dengan memberikan jaminan barang kembali jika mengalami kerusakan.

Atau yang terakhir bisa juga memberikan hadiah. Untuk promosi jenis ini biasanya akan dilakukan dengan cara membeli minimal beberapa item untuk bisa mendapatkan hadiah yang dimaksud.

2. Langkah yang Harus Dilakukan.

Setelah mengetahui bentuk-bentuk promosi , barulah anda melakukan tindakan promosi. Yang pertama, anda harus melakukan promosi harus dilakukan secara hati-hati dan mempertahankan estetika.

Baca Juga: Salesman Is Selling Character, Not Product!

Jangan sampai dalam melakukan promosi , produk anda jutsru akan terlihat murahan karena salah langkah. Oleh karenanya dalam melakukan promosi anda harus menyesuaikan dengan bidang , segmen dan posisi dari produk perusahaan anda.

3. Hal yang Tidak Boleh Dilakukan.

Dalam melakukan promosi produk, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh semua perusahaan. Misalnya adalah dengan menjaga nama baik dari produk yang akan anda jual.

Artinya jangan sesekali Anda berlaku memutihkan produk maupun perusahaannya. Karena promosi penjualan yang salah arah dapat membatalkan posisi yang baik dan melukis citra produk dan perusahaan.

Oleh karenanya hal ini harus sangat hati-hati untuk dilakukan. Anda bersama dengan tim perusahaan bisa meninjau ulang ide yang dibuat untuk promosi.

Kemudian jangan sekali-kali juga anda menghina pelanggan anda dengan tidak terlalu banyak melakukan promosi dan berlaku sok pintar di depan pelanggan.

Selain itu, dalam melakukan promosi,, anda juga dituntut untuk jangan terlalu terbuka. Maksudnya, anda harus memberi tahukan batas waktu promosi kepada pelanggan.

Jangan sampai, karena kurangnya informasi yang didapatkan mengenai promosi ini,  banyak pelanggan yang justru menelepon anda dan menanyakan promosi tersebut. Apalagi, sampai ada nasabah atau pelanggan yang menuntut anda dan membawanya ke ranah hukum karena dinilai sebagai tindak penipuan.

4. Promosi penjualan online

Memasuki era digital, anda juga bisa memasang dan menawarkan barang lewat promosi online.  Karena mereka lebih mudah ditawarkan dan ditebus. Selain itu, promosi penjualan online cenderung memiliki tingkat penebusan yang lebih tinggi daripada kupon cetak yang lebih tradisional. Namun, kelemahannya adalah bahwa pemasar harus mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk menebus kupon. Dengan kata lain harganya lebih mahal.

Sumber: economy.okezone.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*